Optimalisasi Perencanaan Pembelajaran Seni Tari Melalui Penerapan Media Visual untuk Mengembangkan Kreativitas Gerak Siswa di SMP Negeri 12 Tasikmalaya

 

-Reni Nurafiantini Agustin, S.Pd -
Guru Seni Budaya SMP Negeri 12 Tasikmalaya


Aparatur Sipil Negara yang memiliki tugas sebagai seorang guru dalam melaksanakan setiap tugasnya harus mampu menerapkan nilai dasar Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi guna membentuk karakter PNS yang mampu bersikap dan bertindak profesional dalam memberikan pelayanan kepada siswa disekolah ataupun masyarakat.

Dalam melaksanakan proses pembelajaran dimasa pandemi covid-19 seorang guru harus mampu merencanakan serta melaksanakan proses pembelajaran yang disesuaikan berdasarkan situasi dan kondisi dimana pembelajaran dilakukan secara online melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) baik dengan metode daring maupun luring, namun pada kenyataannya hal tersebut belum terlaksana secara optimal dan menyeluruh. Sehingga berdampak pada proses dan hasil pembelajaran siswa di sekolah.

Mata pelajaran Seni budaya merupakan salah mata pelajaran yang mampu menumbuhkan keaktifan, kreativitas dan berfikir kritis bagi siswa. Akan tetapi pada pelaksanaanya melalui Pembelajaran Jarak Jauh belum dapat dilaksanakan secara optimal dimana siswa belum optimal dalam mengembangkan kreativitas gerak terutama dalam mengeksplorasi gerak tari. Selain itu salah satu penyebab dari permasalahan tersebut yaitu guru belum optimal dalam menyusun perencanaan pembelajaran untuk mengembangkan kreativitas gerak siswa. Berdasarkan hal tersebut maka  isu yang ditemukan di SMP Negeri 12 Tasikmalaya yaitu belum optimalnya perencanaan pembelajaran Seni Tari dalam mengembangkan kreativitas gerak Siswa.

Kegiatan aktualisasi dan habituasi yang dilaksanakan oleh penulis bertujuan untuk menjawab isu yang diangkat sehingga penulis mengambil gagasan isu mengenai Optimalisasi Perencanaan Pembelajaran Seni Tari Melalui Penerapan Media Visual untuk Mengembangkan Kreativitas Gerak Siswa di SMP Negeri 12 Tasikmalaya. Kegiatan Aktualisasi dan Habituasi ini dilaksanakan dari tanggal 14 Juni 2021 sampai tanggal 18 Juli 2021. Kegiatan yang dilakukan terdiri dari 5 komponen kegiatan yakni :(1) Menyusun Konsep Pembelajaran; (2) Menyusun Materi Pembelajaran (3) Menyusun Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) (4) Membuat Media Pembelajaran Interaktif (5) Menyusun Instrumen Evaluasi Pembelajaran. Seluruh kegiatan yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan baik dengan mengaktualisasikan nilai-nilai dasar profesi ASN (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi) dan mata diklat (Manajemen ASN, Pelayanan Publik, dan Whole of Government) sehingga  dari kegiatan yang telah dilaksanakan penulis dapat mengoptimalkan perencanaan pembelajaran seni tari melalui penerapan media visual untuk mengembangkan kreativitas gerak siswa di SMP Negeri 12 Tasikmalaya.

Dengan adanya kegiatan aktualisasi dan habituasi ini diharapkan dapat membentuk ASN yang profesional dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai pelayan publik yang mampu menciptakan suasana lingkungan kerja yang mendukung dalam memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu serta diharapkan dapat memberikan konstribusi dalam mewujudkan visi-misi sekolah.

Posting Komentar

0 Komentar