Aparatur Sipil Negara yang memiliki tugas sebagai seorang guru
dalam
melaksanakan setiap tugasnya harus mampu menerapkan nilai dasar Akuntabilitas,
Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi guna membentuk
karakter PNS yang mampu bersikap dan bertindak profesional dalam memberikan
pelayanan kepada siswa disekolah ataupun masyarakat.
Dalam melaksanakan proses pembelajaran dimasa pandemi covid-19 seorang guru harus mampu
merencanakan serta melaksanakan proses pembelajaran yang disesuaikan
berdasarkan situasi dan kondisi dimana pembelajaran dilakukan secara online
melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) baik dengan metode daring maupun luring,
namun
pada
kenyataannya hal tersebut belum terlaksana secara optimal dan menyeluruh.
Sehingga berdampak pada proses dan hasil pembelajaran siswa di sekolah.
Mata pelajaran Seni budaya merupakan salah mata pelajaran
yang mampu menumbuhkan keaktifan, kreativitas dan berfikir kritis bagi siswa.
Akan tetapi pada pelaksanaanya melalui Pembelajaran Jarak Jauh belum dapat
dilaksanakan secara optimal dimana siswa belum optimal dalam mengembangkan
kreativitas gerak terutama dalam mengeksplorasi gerak tari. Selain
itu salah satu penyebab dari permasalahan tersebut yaitu guru belum optimal
dalam menyusun perencanaan pembelajaran untuk mengembangkan kreativitas gerak
siswa. Berdasarkan hal tersebut maka isu
yang ditemukan di SMP Negeri 12 Tasikmalaya yaitu belum optimalnya perencanaan
pembelajaran Seni Tari dalam mengembangkan kreativitas gerak Siswa.
Kegiatan aktualisasi dan habituasi yang dilaksanakan oleh
penulis bertujuan untuk menjawab isu yang diangkat sehingga penulis mengambil gagasan isu mengenai Optimalisasi Perencanaan Pembelajaran Seni Tari Melalui
Penerapan Media Visual untuk Mengembangkan Kreativitas Gerak Siswa di SMP
Negeri 12 Tasikmalaya. Kegiatan Aktualisasi dan Habituasi ini
dilaksanakan dari tanggal 14 Juni 2021 sampai tanggal 18 Juli 2021. Kegiatan
yang dilakukan terdiri dari 5 komponen kegiatan yakni :(1) Menyusun Konsep
Pembelajaran; (2) Menyusun Materi Pembelajaran (3) Menyusun Rancangan Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) (4) Membuat Media Pembelajaran Interaktif (5) Menyusun
Instrumen Evaluasi Pembelajaran. Seluruh kegiatan yang telah direncanakan dapat
terlaksana dengan baik dengan mengaktualisasikan nilai-nilai dasar profesi ASN
(Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi)
dan mata diklat (Manajemen ASN, Pelayanan Publik, dan Whole of Government) sehingga dari kegiatan yang telah dilaksanakan penulis
dapat mengoptimalkan perencanaan pembelajaran seni tari melalui penerapan media visual untuk mengembangkan
kreativitas gerak siswa di SMP Negeri 12 Tasikmalaya.
Dengan adanya kegiatan aktualisasi dan habituasi ini
diharapkan dapat membentuk
ASN yang profesional dalam melaksanakan
tugas pokok dan fungsi sebagai pelayan
publik yang mampu menciptakan suasana lingkungan kerja yang mendukung dalam
memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu serta diharapkan dapat memberikan konstribusi dalam mewujudkan
visi-misi sekolah.
0 Komentar