Asesmen Nasional adalah evaluasi yang dilakukan pemerintah untuk memetakan mutu sistem pendidikan di tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah. Asesmen nasional menggunakan instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, dan survei lingkungan belajar.
Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antar kelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu).
Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.
Asesmen Nasional terdiri dari tiga instrumen, yaitu:
- Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.
- Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid
- Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dilakukan untuk mengukur literasi membaca dan numerasi
- Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.
- Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.
Bentuk soal Asesmen Nasional
- Pilihan ganda
- Pilihan Ganda Kompleks
- Menjodohkan
- Isian Singkat
- Uraian
Peserta AN 2021 adalah peserta didik, pendidik, dan kepala satuan pendidikan. Peserta didik dipilih secara acak dengan metode yang ditetapkan kementerian. Simulasi Asesmen Nasional yang di selenggarakan pada tanggal 2 September 2021 di SMP Negeri 12 Tasikmalaya merupakan salah satu bagian ujicoba sebelum nanti akan melaksanakan Asesmen Nasional pada Bulan Oktober. Pada simulasi ini melibatkan 45 peserta didik yang terpilih dan dengan simulasi ini memberikan gambaran bagi peserta didik dan guru sebelum melaksanakan asesmen nasional yang sesungguhnya.
Kegiatan ini dilaksanakan di ruangan laboratorium komputer yang dimiliki SMP Negeri 12 Tasikmalaya dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat.
Catatan : Contoh soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) AN bisa dipelajari di laman https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/an/ .
0 Komentar